Selasa, 16 November 2010

PENGETAHUAN TENTANG ADIWIYATA

Adiwiyata

Berdasarkan analisis terhadap kondisi lingkungan hidup saat ini, menunjukkan bahwa lingkungan hidup telah berada pada kondisi di ambang kritis menuju kehancuran. Kerusakan lingkungan telah terjadi di mana-mana. Masalah lingkungan sekarang ini bukan saja menjadi masalah lokal, melainkan telah menjadi masalah nasional bahkan mendunia.
Menurut beberapa penelitian dan study diyakini bahwa kerusakan lingkungan dapat terjadi akibat perilaku masyarakat yang eksploitatif terhadap SDA. Dengan pengetahuan lingkungan hidup yang baik diharapkan semua elemen masyarakat sadar untuk turut melaksanakan upaya-upaya penyelamatan dan pelestarian lingkungan hidup. Dengan ini, maka perlu adanya upaya untuk membangun kesadaran terhadap pelestarian lingkungan dan kegunaannya bagi kesejahteraan hidup manusia.
Upaya membangun kesadaran seperti disampaikan, bisa dilakukan melalui berbagai macam cara. Salah satunya adalah lomba program adiwiyata. Kata ADIWIYATA berasal dari bahasa sansekerta “ADI” dan “WIYATA”. Adi mempunyai makna : besar / agung / baik / ideal / sempurna. Wiyata mempunyai makna : tempat di mana seseorang mendapat ilmu pengetahuan, norma dan etika dalam kehidupan sosial. Arti secara keseluruhannya : tempat yang baik dan ideal di mana dapat diperoleh segala ilmu pengetahuan dan berbagai norma serta etika yang dapat menjadi dasar manusia menuju terciptanya kesejahteraan hidup kita dan menuju kepada cita-cita pembangunan berkelanjutan.
Mengacu kepada yang disampaikan, SMAN 5 telah terbukti secara konkrit ikut dalam kegiatan upaya penyelamatan dan pelestarian lingkungan hidup. Indikatornya adalah sekolah telah menjadi Juara I lomba program ADIWIYATA tahun 2007 di tingkat Nasional tingkat SMA.
A. TUJUAN
Tujuan program adiwiyata adalah untuk mendorong dan membentuk sekolah-sekolah agar dapat turut melaksanakan upaya-upaya pemerintah menuju pelestarian lingkungan dan pembangunan berkelanjutan bagi kepentingan generasi sekarang maupun yang akan datang, atau menciptakan kondisi yang baik bagi sekolah untuk menjadi tempat pembelajaran dan penyadaran warga sekolah, sehingga di kemudian hari warga sekolah tersebut dapat turut bertanggung jawab dalam upaya-upaya penyelamatan lingkungan hidup dan pembangunan berkelanjutan.

0 komentar:

Posting Komentar